Pertimbangan Lingkungan

Populasi hutan di dunia menurun dariastis seiring dengan penebangan kayu, baik legal maupun ilegal terhadap hutan tropis yang ada didunia, sehingga membawa dampak bencana. jika kita tetap meneruskan hal ini dan tidak berbuat apa-apa untuk memperbaiki keseimbangan alam maka masa depan umat manusia benar-benar suram.

Pemanasan Global

16sSebagian besar pemerintahan sekarang bertanggung jawab terhadap peningkatan CO2 melalui pembakaran bahan bakar fosil, pembakaran hidrokarbon dan aktivitas industri lainnya, yang mana fenomena ini dikenal sebagai Pemanasan Global. Permasalahannya sekarang sangat serius sehingga diadakan konferensi dunia tingkat tinggi yang membahas akibat dari penebangan hutan yang berkelanjutan. Perjanjian Kyoto mencoba untuk membahas hal ini dan mencari solusi untuk pengurangan emisi karbon.

Sampai saat ini satu-satunya cara yang ampuh untuk mencegah emisi karbon dari pemakaian bahan bakar fosil adalah dengan menumbuhkan hutan. Hutan sangat penting untuk kita semua, dan kita mengabaikan kepentingannya yang mengakibatkan dampak buruk terhadap kita sendiri. Sehingga diadakan rapat akbar didunia yang membantu untuk mengubah atmosfir dari penggunaan minuman-minuman keras yang mematikan untuk dipakai menghilangkan CO2 dari atmosfir dan menghasilkan O2 yang sangat penting untuk seluruh kehidupan, termasuk kita sendiri. Hutan mengatur udara CO2 melalui suatu proses yang dinamakan “Sequestration”, dan pada dasarnya menghasilkan apa yang disebut dengan “Carbon Credit”

Penggunaan kayu untuk pembuatan furniture tidak melepas CO2 yang tersimpan; Hanya dengan pembakaran kayu akan melepas karbon dioksida kembali ke atmosfir. Kita bahkan bisa 1 langkah lebih maju dan menyarankan kalau kita seharusnya menggunakan kayu sebagai pengganti material-material yang tidak dapat diperbaharui dan bahkan terhadap bahan bakar yang dapat diperbaharui sehingga mengurangi pemakaian cadangan bahan bakar fosil yang berharga kita yang sangat terbatas. Sebagai contoh, Semua pilihan untuk bahan bangunan adalah penggunaan kayu yang tidak dapat diperbaharui dan memerlukan energi bahan bakar fosil yang dihasilkan. inti daripada ini adalah, penggunaan kayu sebagai resource yang dapat diperbaharui, gunakan kayu lebih banyak daripada penggunaan bahan-bahan yang tidak dapat diperbaharui dan beralih dari penggunaan bahan bakar fosil ke penggunaan kayu yang dapat diperbaharui.

Perubahan Iklim

Hutan berfungsi untuk melindungi sumber air dengan menjadi pelindung terhadap mata air. Hutan yang besar adalah suatu area yang gelap di Bumi ini sehingga akan menyerap panas dari matahari. penguapan air di hutan akan menyebabkan awan untuk membentuk udara yang lebih dingin dan kemudian akan jatuh sebagai hujan. dengan begini, dibawah tirai hutan, suhu stabil dan kelembaban akan terjaga. tidak semua awan yang terbentuk melepaskan kelembabannya balik ke hutan, tetapi tertiup angin sehingga hujan jatuh ditempat lain. ini adalah struktur yang menghasilkan iklim yang mana kita sudah kenal. penebangan hutan yang berkelanjutan akan mempengaruhi curah hujan di dunia.

Perubahan pada iklim dunia disebabkan oleh pemanasan Global dan penebangan hutan dapat berakibat bencana besar bagi umat manusia. peningkatan suhu global dapat mencairkan es bagian kutub dan menyebabkan peningkatan laut didunia, membanjiri banyak area dan bahkan seluruh negara. peningkatan suhu dapat memicu umur es dengan merubah arus lautan. atau, seperti harapan, tidak ada yang terjadi dan semuanya tetap berjalan seperti apa adanya. Tetapi tidak berbuat apapun bukanlah suatu pilihan bagi mereka yang mengharapkan anak-anaknya untuk mewarisi bumi ini seperti yang kita nikmati ini.

GoldTeak

Dalam kenyataannya itu merupakan tantangan untuk menyeimbangkan kehidupan sosial dan ekonomi dengan prioritas lingkungan hidup tetapi GoldTeak bertujuan untuk mengambil langkah yang tepat.

GoldTeak adalah investasi etis. sebagai tambahan untuk membantu penduduk lokal dan meningkatkan kualitas kehidupan mereka, kita berusaha mencoba membantu untuk mengembalikan keseimbangan alam dengan meningkatkan jumlah pohon yang tumbuh di dunia.

Studi terakhir telah menunjukan bahwa hutan alami di Indonesia saja telah menghilang sampai nilai yang mengkhawatirkan, semakin bertambah dari 2,4 jt acre – 4,2 jt pertahunnya. Pohon-pohon ditebangi secara ilegal, dan semakin banyak kayu alami yang diambil untuk proses pembuatan bubur kertas. Di Hemisphere bagian utara kita dapat memenihi permintaan kayu untuk bubur kertas dengan menanam hutan cemara dalam jumlah besar. pada iklim katulistiwa dimana tipikal kayu halus tidak tumbuh dan perekonomian tidak mengizinkan peng-imporan kertas atau kayu untuk bubur kertas, maka satu-satunya pilihan hanya penebangan seluruh hutan alami. Pembuatan kertas adalah industri intensif; peralatan yang dibutuhkan untuk operasi seperti tersebut tidak dapat mencegah punahnya pohon-pohon yang cocok dalam proses ini – hingga semua di potong dan hampir sedikit sekali yang di ganti.

Anda dapat berbuat sesuatu. Anda dapat menyeimbangkan bahan bakar fosil yang anda gunakan sepanjang partisipasi aktif dalam proyek sequestration seperti yang diatur oleh GoldTeak. Setiap perjalanan Anda baik melalui mobil ataupun pesawat, meningkatkan “Carbon debt” pada dunia. jika anda ingin tahu berapa jumlah pohon yang diperlukan untuk menyeimbangi perjalanan ini klik di sini ‘Carbon Calculator’.

 “Fostering the Linkage between Forests and Climate Change.pdf” 
‘Suatu Revisi Strategi Kehutanan untuk World Bank Group’ July 2001.

menggunakan Adobe® Acrobat® Reader.

Jika anda tidak memiliki Acrobat, click di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Metric conversion

 

[ezfc name=’New form2′ /]

[ezfc name=’New form3′ /]

[ezfc name=’New form4′ /]

×